Kamis, 08 Agustus 2019

Magang di Pekanbaru untuk Umum dan SMK bagi Usaha UKM

CARA MEMBUKA KELAS MAGANG SEPERTI BETABISNIS ITU BAGAIMANA?

Untuk betabisnis.com memang sepertinya baru yang pertama ya di Pekanbaru untuk menerapkan anak magang dibimbing untuk wirausaha menggunakan internet. Tapi gak tau sih kalau ada di tempat lain, tetapi jika anda ingin memulai juga tidak ada masalah.

Ada yang harus anda Penuhi paling tidak 3 point ini :
  1. TEMPAT dan SARANAN. Tentu anda harus punya tempat, kemudian perlengkapannya adalah INTERNET, meja kerja dan juga listrik ya, agar laptop bisa hidup.
  2. MATERI & PEMATERI. Sediakan materi dan pemateri. Untuk materi sebenarnya anda sudah tau tentang proses bisnis yang anda jalani selama ini, itulah yang akan di ajarkan ke para peserta, jikapun anda belum bisa menjadi pemateri, bisa kolaborasi dengan yang lain.
  3. LEGALITAS. Tentu akan sangat baik jika anda sudah memiliki legalitas, minimal surat izin usaha kecil dari kecamatan, bila belum ada numpang legalitas teman (kolaborasi).

SOLUSI MAGANG UMUM & SMK BAGI PEMULA

Kalau kata guru saya, harus selalu mencari solusi, jangan mempertahankan mental blok, berikut ini ada 2 solusi jika anda ingin segera menerima anak magang / PKL :
  1. Bila tidak punya tempat, silahkan kerjasama dengan yang punya ruko atau garasi. Misalnya ada teman anda yang punya bisnis / toko, ajak kerjasama, agar mereka menyediakan tempat magang anda nanti bisa memberikan materi2 disana. Tinggal nanti bagaimana pola pembagiannya, misalnya ada 6 anak magang, 3 yang mengerjakan materi untuk yang punya tempat dan 3 lagi untuk yang punya tempat.
  2. Bila anda mengalami kendala dalam hal penyusunan materi, anda bisa bekerjasama lagi dengan yang berpengalaman, silahkan ajak kerjasama pembicara atau yang sudah pernah melaksanakan magang.

PILIHAN SISWA MAGANG

  1. PESERTA UMUM, kalau wilayah Pekanbaru memang ini masih hal yang tabu, karena bagi sebahagian orang internet itu belum berpengaruh dalam kehidupannya.
  2. PESERTA MAHASISWA atau SMK (Seperti dijelaskan di atas, memang sudah harus punya tempat dan lainnya. Karena ini merupakan formal sehingga harus ada formalitas dan prosedural Ada surat pengajuan dan balasan serta ketentuan yang lain.

JURUSAN ANAK SMK

Jika anda menerima dari PKL anda boleh menerima peserta magang dari berbagai jurusan seperti :
  1. Teknik Komputer Jaringan
  2. Multimedia
  3. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  4. Desain Komunikasi Visual (DKV)
  5. Pemasaran
  6. Jurusan lain asal punya laptop dan punya kemauan
Jadi tidak ada batasan, mudah - mudahan dengan pembahasan ini anda bisa membantu berkontribusi untuk menerima peserta magang agar lebih optimal. Ketimbang mereka magang cuma foto copy, beli nasi, antar surat dan lain - lainnya. Lulus mereka agar bisa menghasilkan uang dari internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Copywriting Pemula Otodidak Gratis Bahasa Indonesia dengan Chat GPT

AKU GAK BISA COPYWRITING, GIMANA CARANYA YA? Sayapun gak bisa copywriting, makanya dengan adanya AI (Chat GPT, Gemini dan Copilot) sangat te...