Selasa, 27 Agustus 2019

Tahapan / Cara / Langkah Membangun Tim Efektif dalam Bisnis Online

SAYA SEDANG BELAJAR BAGAIMANA BAGIAN DALAM MEMBANGUN TEAM DALAM BISNIS ONLINE.

Catatan ini saya ambil dari pelajaran hasil sharing - sharing darin teman - teman. Sebagai pengingat dan kalaupun anda baca, mudah - mudahan ini bisa bermanfaat.

Menyimpulkan mengelola bisnis online dari ajaran Piranhamas ada 3 bagian di perusahaan bisnis online :
  1. Publishing
  2. Customer Service
  3. Cargo / Operasional

Kenapa kok harus dipisahkan?
Agar staff bisa fokus dan spesialis dibidangnya, namun yang utama adalah agar bulan depan tidak salaman dan buka usaha seperti yang kita punya, alias resign lalu jadi kompetitor.

Untuk indikator kinerja bisa dikembangkan lagi menurut kebutuhan perusahaan. Nah.. indikator kinerja tiap bagian berbeda.

PUBLISHING

Untuk tim Publishing saat ini saya sedang bekerjasama pada SMK yang ada dan mereka bekerja untuk beberapa hal antara lain :

  • Banyaknya link yang dihasilkan. Biasanya akan dikirim ke email setiap hari sebagai laporan hasil pekerjaan
  • SERP berdasarkan keyword yang ditarget. Apakah keyword yang di target baik itu berdasarkan kata kunci yang panjang maupun kota yang ditarget.
  • Kualitas konten. Secara bertahap untuk memperbaiki kontent agar semakin menarik, karena memagn masih tahapan belajar jadi dari awal dibimbing pelan2, sampai pada akhirnya nanti bisa semakin baik.

CUSTOMER SERVICE

Titik akhir dari semua yang dikerjakan oleh tim Publishing adalah di Customer Service. Kalau team CS tidak bekerja dengan baik, maka akan repot tentunya. Lalu indikatornya adalah Convertion Rate (%) antara leads dan closing order.

CARGO / PENGIRIMAN/ OPERASIONAL

Untuk kargo sendiri indikatornya adalah kecepatan keluar resi (bukti kiriman) dan ketelitian paket.
sedangkan tugas utama dari masing-masing bagian dilanjut pada tulisan berikutnya. Tetap stay tune ya gaes. Kita sama - sama belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Belajar Copywriting Pemula Otodidak Gratis Bahasa Indonesia dengan Chat GPT

AKU GAK BISA COPYWRITING, GIMANA CARANYA YA? Sayapun gak bisa copywriting, makanya dengan adanya AI (Chat GPT, Gemini dan Copilot) sangat te...